Puskesmas Muara Jaya Antisipasi Pandemi Corona

Petugas Puskesmas Muara Jaya menerapkan protokol kesehatan ketika melayani masyarakat. Foto : Ist. (*)

OKU – Bersama lintas sektoral Kecamatan Muara Jaya, UPTD Puskesmas Muara Jaya bersatu melawan corona virus disease (Covid – 19) di Kecamatan Muara Jaya.

“Adapun langkah yang sudah dilakukan dengan melibatkan Camat Muara Jaya dan Lintas Sektor Kecamatan Muara Jaya yakni melakukan penyeprotan massal,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala UPTD Puskesmas Muara Jaya, Sarbini SKM.

Penyemprotan secara massal dilakukan di 7 Desa di Kecamatan Muara Jaya. Pada tanggal 16 penyemprotan massal di Desa Lubuk Tupak, Desa Muara Saeh dan Desa Beringin. Keesokan harinya di Desa Kemala Jaya dan Desa Lontar.

“Setelah itu dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di Desa Surau dan Desa Karang lantang,” ujar Sarbini.

Tidak hanya melakukan penyemprotan cairan disinfektan, UPTD Puskesmas Muara Jaya juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Muara Jaya. “Kita himbau kepada warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta untuk mengenakan masker jika beraktifitas di luar rumah,” imbuh Sarbini.

Selain itu, lanjut Sarbini, pihaknya bersama perangkat desa yakni Kepala Desa, Babinsa, Babinkantibmas, BPD, Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT untuk melakukan pendataan dan pengawasan kepada warga yang baruk balik dari luar kota. “Kita himbau untuk karantina mandiri di rumah selama 14 (empat hari ),” terang Sarbini.

Ditambahkan Sarbini, kendati banyak melakukan upaya untuk antisipasi penyebaran covid – 19 di wilayah kerja UPTD Puskesmas Muara Jaya, namun pihaknya tetap melakukan pelayanan tetap seperti biasa. “Namun, kita tetap sesuai protokol kesehatan,” tukas Sarbini. (pwr)