Pasar Bedug Masih Tanda Tanya

Di jalur joging taman kota setiap tahun menjadi pusat operasional pasar bedug. Namun untuk tahun ini, operasional pasar bedug masih dilaporkan. Karena berkaitan wabah corona. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Pasar bedug dan Ramadan tak dapat dipisahkan. Selama ini pasar bedug yang menyajikan takjil buka puasa dipusatkan di Taman Kota. Namun, banyak juga pedagang yang memanfaatkan trotoar di dalam kota Baturaja untuk berjualan.

Untuk tahun ini, masyarakat belum menerima kepastian pasar bedug dari pemerintah. Kendati Ramadan tinggal hitungan hari.

“Biasanya sudah ada pengumuman. Seperti pendataan pedagang untuk lapak pedagang. Tapi sampai sekarang belum ada kabar,” ujar Tika, warga kelurahan Talang Jawa, kecamatan Baturaja Barat, kemarin (20/4).

Tika merupakan salah satu pedagang yang rutin berjualan takjil di pasar bedug sejak empat tahun terakhir. Untuk tahun ini, Tika sempat menduga pemerintah akan membuka pasar bedug.

“Kalau buka (pasar bedug), saya jualan. Itu pun kalau ada tempat. Kalau (pasar bedug) tidak buka, mungkin jualan di depan rumah,” katanya. Dinas Koperasi dan UKM OKU belum bisa memastikan apakah pemerintah akan menggelar pasar bedug atau tidak pada Ramadan tahun ini. “Hari ini (kemarin), masalah ini sudah dilaporkan Bupati OKU,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM OKU Paisol Ibrahim. (stf)