Puskesmas Ulak Pandan Siaga Hadapi Corona

Petugas UPTD Puskesmas Ulak Pandan melakukan screening kepada warga yang baru datang di posko Puskesmas Ulak Pandan. Foto: ist. (*)

OKU –  Menghadapi ancaman virus corona, berbagai langkah siaga dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU termasuk UPTD Puskesmas Ulak Pandang, Kecamatan Semidang Aji termasuk melakukan pemantauan setiap pasien yang datang.

“Saat ini, kita terus siaga dan intens melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat atau pasien yang berobat dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala UPTD Puskesmas Ulak Pandan, Sirajuddin Fikri SKM.

Fikri menghimbau kepada setiap masyarakat khususnya masyarakat di wilatah kerja UPTD Puskesmas Ulak Pandan untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih dan menjaga daya tahan tubuh dengan memperbanyak makan buah, sayur dan munum air putih. “Tidak hanya itu, kita menghimbau masyarakat untuk mengurangi kontak langsung dengan masyarakat yang baru datang dari  luar kota,” imbuh Fikri.

Fikri berharap, semua warga dijauhkan dari virus corana namun tetap waspada dengan menjaga daya tahan tubuh. Banyak memakan buah, sayur terus ikan dan jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan sebelum beraktivitas dan tidak merokok. “Serta menggunakan masker saat keluar rumah dan saat beraktivitas dengan orang banyak,” terang Fikri.

Dikatakan Fikri, sosialiasi yang dilakukan tidak berhenti disitu saja melainkan pihaknya melakukan penyuluhan melalui himbauan via sosial media dan banner, leaflet, serta brosur – brosur yang dibagikan kepada masyarakat. “Dalam hal ini kita melakukan sosialisasi via puskesmas keliling dan mobil patroli Polsek Semidang Aji,” terang Fikri.

Ditambahkan Fikri, pihaknya juga bersama lintas sektror Kecamatan Semidang Aji serta masyarakat dalam wilayah kerja UPTD Puskesmas Ulak Pandan, melakukan penyemprotan cairan disinfektan. “Penyemprotan kita lakukan secara mandiri dan berkala ke tempat – tempat umum, sekolah dan tempat ibadah,” ujar Fikri.

Selain itu, lanjut Fikri, pihaknya selalu berkoordinasi dengan lintas sektor di Kecamatan Semidang Aji dan Satgas Covid Kabupaten OKU terkait perkembangan isu – yisu  berkembang saat sesuai dengan petunjuk Kemenkes. Apalagi Puskesmas Ulak Pandan sebagai titik posko di Semidang Aji untuk melakukan screening kepada warga yang  baru datang di Kecamatan Semidang Aji.

“Kita mendatang, memantau dan pengawasan setiap warga yang baru datang sebagai langkah antisipasi penyebaran covid – 19 di wilayah kerja Puskesmas Ulak Pandan,” pungkas Fikri. (pwr)