Puskesmas Lengkayap Cegah Corona, Sosialisasi Keliling Kampung

Bersama masyarakat, Puskesmas Lengkayap lakukan penyemprotan disinfektan. Foto: Ist. (*)

OKU – Antisipasi penyebaran wabah virus corona, petugas UPTD Puskesmas melakukan sosialisasi hidup sehat. Bersama lintas Sektor Kecamatan Lengkiti, menggunakan mobil dan dilengkapi pengeras suara melakukan sosialisasi.

“Berkeliling mensosialisasikan upaya pencegahan wabah virus corona atau covid – 19. Kita juga turun dan membagikan brosur tentang cara hidup sehat dan pencegahan virus corona, serta mempraktekkan cara cuci tangan yang benar,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala UPTD Puskesmas Lengkayap, Imlan SKM.

Dikatakan Imlan, pihaknya mengajak masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Lengkayap untuk menjaga diri dan keluarga dari virus corona dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Caranya makan dengan gizi yang seimbang. Rajin olahraga dan istirahat cukup. Cuci tangan pakai sabun, jaga kebersihan lingkungan, dan tidak merokok. “Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam,” terang Imlan.

Ditambahkan Imlan, kegiatan sosialisasi dengan keliling kampung ini untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat lebih mengetahui dan sadar akan hidup sehat. “Agar masyarakat tahu bagaimana pencegahan virus corona itu,” ujar Imlan.

Diterangkan Imlan, tidak hanya mengedukasi masyarakat, pihaknya juga berkoordinasi dengan lintas sektor Kecamatan Lengkiti yakni Camat Lengkiti, Kapolsek Lengkiti, Dan Ramil Simpang bersama Kepala Desa, BPD, Kepala Dusun, Kepala Lingkungan dan RW/RT se Kecamatan Lengkiti mengedukasi masyarakat pendatang. “Setiap desa di wilayah kerja Puskesmas Lengkayap menggalakkan posko covid – 19,” imbuh Imlan.

Bahkan, lanjut Imlan, pihaknya menggelar rapat koordinasi bersama unsur Tripika Kecamatan Lengkiti dengan aksi penyemprotan di tempat umum, sekolah, rumah ibadah, pasar kalangan, kantor – kantor, dan fasilitas umum lainnya.

“Diharapkan, penyemprotan ini menumbuh kembangkan kepedulian masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” tukas Imlan.

Ditambahkan Imlan, Puskesmas Lengkayap siap menangani masyarakat dan telah mempersiapkan alur dan langkah – langkah dalam upaya pencegahan penularan virus corona. “Jika ada tanda – tanda yang mencurigakan dari warga yang memeriksakan dirinya ke puskesmas kita langsung dikoordinasikan ke Dinas Kesehatan agar segera ditindak lanjuti,” tandas Imlan. (pwr)