Pilkada OKU Diundur 9 Desember

OKU – Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST menceritakan, jika sebelumnya ditunda sampai waktu yang belum ditentukan KARENA Covid – 19, saat ini jadwal penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 sudah ada titik terang. Pilkada serentak, termasuk di Kabupaten OKU sebelumnya digelar 23 September diundur menjadi 9 Desember.

Hal ini dikatakan Naning saat dibincangi wartawan, kemarin (15/4) pagi, pasca Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga KPU, Bawaslu hingga DKPP menyepakati tanggal pelaksanaan Pilkada Serentak.

Awalnya sebelum ada ketetapan KPU mengajukan empat opsi. Pertama pada Desember 2020, kedua Maret 2021, ketiga Juni 2021 dan empat September 2021. Ternyata pemerintah mengambil opsi pertama yaitu Desember mendatang.

Menyikapi hal ini, KPU dengan empat opsi itu sudah menyiapkan skenario. Artinya opsi apapun KPU siap melaksanakan opsi yang diambil kapanpun saat ini. Untuk pengaktifan PPK dan PPS yang sempat dibekukan kata Naning masih menunggu PKPU baru untuk tahapan pelaksanaan pilkada serentak.

Untuk anggaran pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten OKU, kata Naning, tidak jadi persoalan. Kemarin KPU sudah menyiapkan opsi  pembekuan anggaran. Dengan kejelasan jadwal Pilkada masih di tahun 2020, artinya anggaran tidak jadi dibekukan.

“Terkait hal ini kami sudah berkoordinasi dengan KPU. Sebelum ada Perpu Pilkada pengganti undang-undang keluar kami belum bisa berkoordinasi dengan Pemda OKU terkait anggaran. Nanti setelah Perpu keluar kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah,”jelasnya.