Pembersihan Sungai Sempat Ditunda

Personil BPBD OKU membersihkan dahan dan ranting yang bertumpuk di fender jembatan ogan II, Sukajadi. Foto: Ist. (*)

OKU – Fender empat jembatan di kota Baturaja dibersihkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU. Pasalnya, fender jembatan ogan 1 hingga Ogan III dan Ogan IV dipenuhi sampah tanaman.

“Banyak sisa potongan ranting dan bambu yang tersangkut. Terbawa aliran sungai saat debit air sungai naik,” ujar Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa.

Ia mengatakan, rencana pembersihan sungai ini sudah disiapkan jauh hari. Namun setiap akan dibersihkan, debit air sungai bertambah. Sehingga pengerjaan harus dibatalkan. “Pembersihan sungai baru dapat dilakukan setelah debit air sungai normal. Saat debit air sungai naik, pembersihan ditunda demi keamanan petugas,” ungkapnya.

Pantuan OKU EKSPRES di jembatan Ogan II, petugas BPBD menggunakan gergaji mesin untuk memotong. Sebab terlalu banyak bonggol pohon besar. Petugas juga terpaksa menggunakan tali untuk mengurai tumpukan sampah. Sementara itu, di salah satu fender jembatan di Ogan II, sebuah kayu besar tersangkut. Petugas berencana akan memotong kayu tersebut supaya terlepas dari fender jembatan. (stf)