Pasar Kalangan Dibuka Kembali

Suasana pasar kalangan Gotong Royong dibuka setelah ditutup selama sepekan atau dua hari kalangan. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Setelah dua hari pasar kalangan Gotong Royong unit 2 Batumarta tutup, kemarin (13/4) pasar tersebut kembali dibuka. Pasar kalangan ini ditutup dua hari kalangan yaitu 6 April dan 10 April.

Pada hari pertama kalangan kemarin pasca ditutup, suasana pasar sangat ramai. Warga yang datang membeli kebutuhan pokok untuk kebutuhan pangan rumah tangga sehari-hari.

Sri (45) membeli kebutuhan dapur untuk keperluan beberapa hari mendatang. “Semua kebutuhan dapur sudah habis karena 2 hari kalangan tidak buka,” ucap Sri yang merupakan ibu rumah tangga ini.

Pada hari kalangan kemarin, semua keperluan dapur ia beli karena persediaan bumbu dapur dan sayur sudah habis. “Jika ada penutupan pasar lagi, saya sudah ada persediaan,” ungkap Sri.

Aldi (34), penjual kebutuhan dapur dan sayur mengatakan, pembeli cukup ramai di hari kalangam. “Dagangan lumayan habis karena warga banyak yang belanja,” ucap Aldi, seorang pedagang sayur.

Penutupan pasar ini dilakukan karena pengelola pasar menyemprot disinfektan di kawasan pasar. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 atau corona. Namun ada kabar tak sedap pasar kalangan ini akan buka hanya satu kali dalam seminggu.

Kepala Pasar Saridi melalui Sekretaris Tri Handono membantah kabar tersebut. “Pasar kalangan ini akan tetap buka dua kali seminggu,” ucap Tri. Ia juga mengatakan, tidak ada syarat khusus untuk pedagang.

“Pengelola pasar mengimbau agar pedagang dan pembeli mengunakan masker untuk menghindari terpaparnya virus seperti anjuran pemerintah,” pungkas Tri. (gun)