Buka Posko di Stasiun KA Peninjauan

Petugas Puskesmas Peninjauan melakukan screening penumpang yang turun di stasiun Peninjuan. Foto: Ist. (*)

OKU – Untuk melakukan kewaspadaan penyebaran Covid – 19 atau Virus Corona di Kecamatan Peninjauan, Pusekesmas Peninjauan bersama lintas sektoral Kecamatan Peninjauan, mengoptimalkan berbagai langkah kesiapsiagaan.

“Kesiapsiagaan dilakukan dalam bentuk pelayanan kesehatan maupun satgas dan posko agar Covid – 19 dapat dieliminasi penyebarannya di tengah – tangah masyarakat sehingga masyarakat Kecamatan Peninajuan dapat terlindungi,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala Puskesmas Peninjauan, Kadek Wardana SKM.

Langkah yang dilakukan, lanjut Kadek, yakni membuka posko di Stasiun Peninjauan. Tugas dari posko ini, untuk menjalankan aturan terkait pencegahan penyebaran covid – 19 dengan melakukan screening penumpang yang turun di stasiun atau pemeriksaan suhu tubuh. “Jika ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas rata – rata maka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut,” tukas Kadek.

Dikatakan Kadek, selain membuka posko di stasiun Peninjauan, pihaknya juga memanfaatkan perasan Puskesmas Keliling Kecamatan Peninjauan untuk melawan pandemi Corona untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di setiap Desa di Kecamatan Peninjauan, tentang bahaya dan pencegahan virus yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan, Cina tersebut. “Para petugas Puskesmas Peninjauan masih aktif mengunjungi masyarakat,” timpal Kadek.

Puskesmas Peninjauan menjalankan aktivitas tersebut melibatkan lintas sektoral Kecamatan Peninjauan dan pemangku kepentingan terkait di Kecamatan Peninjauan. “Kerjasama inilah yang membantu tim Puskesmas untuk memberi informasi kepada masyarakat,” ujar Kadek.

Dilanjutkan Kadek, pihaknya juga melibatkan perangkat Desa yakni Kepala Desa, BPD, Kepala Dusun, Kepala Lingkungan, RT/RW di setiap desa di Kecamatan Peninjauan untuk berperan aktif dalam pengawasan dan pelaporan masyarakat yang datang (pendatang/pemudik) dan dipantau kesehatannya oleh bidan desa.

“Pendataan ini dilakukan untuk mengetahui warga masyarakat yang dari perjalanan luar Kecamatan Peninjauan demi mengantisipasi penularan virus corona di lingkungan sekitar dan memberikan edukasi untuk tetap mengisolasi diri selama 14 hari serta tetap rajin cuci tangan usai melakukan aktivitas apapun,” terang Kadek.

Selain itu, lanjut Kadek, bersama Pemerintah Kecamatan dan seluruh Pemerintah Desa se Kecamatan Peninjauan dibantu warga, melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum dan tempat sosial di Kecamaytan Peninjauan secara mandiri.

“Tindakan prefentif ini dilakulan agar virus Corona ini tidak menyebar .Tempat – tempat umum diduga memiliki tingkat kerentanan sangat tinggi terhadap penyebaran Covid 19,” pungkas Kadek. (pwr)