Penyebar Video Hoax Diamankan

OKU – Sat Reskrim Polres Oku berhasil mengamankan RR (18), pelaku penyebaran berita bohong alias hoax terkait virus corona. RR diamankan pada 11 April lalu sekitar pukul 10.00 WIB di rumahnya di Kelurahan  Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur.

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK., M.H., melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Setyo Pranoto, S.H., S.I.K menjelaskan pada 9 April sekitar pukul 20.00 WIB, RR memposting konten hoax terkait dengan penyebaran viruc Covid -19. Video yang digunakan RR adalah tayangan berita Covid -19 atau corona.

“Kemudian oleh pelaku video tersebut dialihsuara (dubbing) dengan suara pelaku yang berbunyi BATURAJA SUMATERA SELATAN KHUSUSNYA AIR PAOH, SUKARAYA, PASAR BARU, PASAR ATAS DAN SEKITARNYA DINYATAKAN 90 % BUNTUUUU. Akibatnya masyarakat menjadi resah,” ujar Wahyu.

Setelah dilakukan penyelidikan, pada 11 April sekitar pukul 10.00 WIB, Satreskrim Polres OKU mengamankan RR di rumahnya. “Dari pelaku diamankan juga barang bukti berupa sebuah ponsel pintar. Pelaku kemudian dibawa ke Mapolres OKU untuk dimintai keterangan dan klarifikasi,” kata Wahyu.

Dari hasil interogasi dan pemeriksaan, RR mengedit video tersebut hanya untuk bercanda serta tidak untuk menakuti pihak manapun. “RR juga dan tidak mengetahui tindakan yang dilakukannya tersebut akan menjadi viral dan menjadi masalah,” terangnya.