Dinkes Gencar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Petugas Dinas Kesehatan OKU melalukan penyemprotan di ATM. Foto : Ist. (*)

OKU – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu terus gencar melakukan antisipasi Covid – 19 di Bumi Sebimbing Sekundang dengan cara menyemprot disinfektan dan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana pola hidup sehat dan biasakan cuci tangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, H Husni Tamrin SE MM melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto SKM, mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan aksi antisipasi Covid – 19 kepada masyarakat dengan cara menyemprot desinfektan di tempat – tempat publik.

“Kita melakukan aksi di lapangan dengan cara menyemprotkan disinfektan di pasar, rumah ibadah, perkantoran, fasilitas umum sekaligus sosialisasi kepada masyarakat,”ucap Andi.

Dikatakan Andi, setiap hari pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan di sejumlah fasilitas umum, rumah makan, berbagai Anjungan Tunai Mandiri (ATM),  tempat publik seperti jalan raya, trotoar, taman, dan perkantoran serta tempat ibadah. “Setiap hari ada tim regu yang bertugas keliling melakukan penyemprotan,” imbuh Andi.

Dikatakan Andi, pihaknya bergerak di lapangan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan sosialisasi tanggap Covid – 19 kepada Puskemas di kecamatan terdekat.

“Kami sampaikan kepada pihak Puskesmas bagaimana cara antisipasi Covid – 19 dilapangan melalui surveillancesebagai mata mata di lapangan dan saya berharap masyarakat biasakan cuci tangan,” tukas Andi.

Penyemprotan disinfektan ini, lanjut Andi, bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid – 19 di Kabupaten OKU. “Untuk itu, Dinas Kesehatan OKU terus berupaya untuk turun langsung ke setiap tempat – tempat umum melakukan penyemprotan yang dikoordinir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU,” tukas Andi.

Selain itu, lanjut Andi, tak henti – hentinya Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mengimbau kepada masyarakat yang sakit batuk, pilek dan demam menggunakan masker agar tak menular. “Pakai masker jika sakit panas, batuk dan pilek,” ujar Andi.

Selain itu, diharapkan selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh anggota tubuh. “Cuci tangan dan PHBS dilakukan karena kuman mudah masuk ke selaput – selaput kulit,” pungkas Andi. (pwr)