Stok Melimpah, Ayam Dijual Murah

Warga kelurahan Talang Jawa memanfaatkan harga jual ayam yang turun sejak tiga hari terakhir. Kini, ayam potong dijual Rp15 ribu/kg yang biasanya dijual Rp22 ribu/kg. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Harga jual ayam potong terjun bebas. Kondisi ini membuat masyarakat berbondong-bondong membeli ayam potong. Bukan ke pedagang. Tapi langsung ke agen ayam potong Dekolesri di kelurahan Talang Jawa.

“Ayam dijual Rp15 ribu/kg. Mumpung murah, lumayan bisa hemat untuk makan ayam, sekaligus buat jualan,” ujar Rian, warga kelurahan Talang Jawa, kemarin (6/4). Dengan harga ayam hidup yang murah tersebut, dirinya mengaku bisa banyak keuntungan.

Rencananya, daging ayam tersebut akan dibuat campuran bakso. Sementara organ dalam ayam akan dijadikan lauk makan. “Bakso bikin sendiri. Kemarin (lusa) sudah mulai jual bakso bakar,” jelasnya.

Entet yang merupakan pengelola Dekolesri mengakui, harga jual ayam terjun bebas. Kondisi ini terjadi sejak tiga hari lalu. Biasanya seekor ayam yang berbobot 2 kg dihargai Rp40 ribu kini turun menjadi Rp30 ribu.

“Ayam besar yang bobot 2 kg (satu ekor) turun harga, ayam kecil bobot 1 kg (satu ekor) mulai hari ini (kemarin ) turun juga dari Rp22 ribu menjadi Rp16 ribu,” jelasnya.

Otomatis suasana kandangan penyimpanan sejak tiga hari terakhir ramai oleh pembeli. Para pembeli tersebut didominasi warga kelurahan Talang Jawa. Dirinya mengaku, sejak harga jual ayam anjlok, dalam sehari 500 ekor ayam terjual secara eceran. “Biasanya (harga ayam mahal) hanya sepuluh ekor yang terjual dalam sehari,” katanya.