Antisipasi Corona, GBI Ibadah Online

Mengikuti himbauan pemerintah, jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Baturaja ibadah di rumah masing – masing. Sehingga, tim multi media GBI Baturaja mempersiapkan segala sesuatu untuk ibadah online melalui aplikasi Zoom. Foto : Ist (*)

OKU – Corona Virus Disease (Covid)  – 19, bukan hanya merenggut ribuan nyawa tetapi juga mengubah tata cara kehidupan manusia di seluruh dunia mulai dari interaksi sesama maupun proses berhubungan dengan Tuhan. Pasalnya, wabah virus corona juga berdampak dalam pola praktek keagamaan. Karenanya hampir semua tempat peribadatan mengubah bentuk tata cara ibadah, demi menahan penyebaran penyakit Covid – 19.

Menyikapi persoalan pandemik global Covid – 19, Gereja Bethel Indonesia Baturaja, meliburkan kegiatan ibadah yang setiap minggu dilakukan di gereja. “Untuk mengurangi interaksi dan perkumpulan massa dalam jumlah banyak di kegiatan ibadah, kami mengalihkan pertemuan ibadah di gereja menjadi via online untuk ibadah Raya,” ucap Gembala Sidang GBI Baturaja, Pdt Adreas K Thama.

Dikatakan Pdt Andreas, GBI Baturaja meniadakan seluruh kegiatan gerejawi yg melibatkan Jemaat ( orang banyak), mulai dari ibadah Minggu, ibadah kebaktian anak dan kaum muda, ibadah doa bersama. “Demikian juga persekutuan antar keluarga di lingkungan jemaat pun dihentikan sementara,” ungkap Pdt Andreas.

Ditambahkan Pdt Andreas, aktivitas gereja dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting, sehingga setiap jemaat tetap dapat berdialog dan bertatap muka secara virtual. Hal ini dilakukan setelah mengikuti perkembangan di Bumi Sebimbing Sekundang. “Sebagai Gembala Jemaat, maka haruslah  memutuskan apa yang terbaik bagi warga Jemaat dan masyarakat umum,” ucapnya.

Hal ini, lanjut Pdt Andreas, sebagai bagian dari tanggung jawab pihak Gereja untuk memberikan memberikan rasa aman kepada masyarakat dan keluarga masing – masing. Namun, sebagai Orang beriman, warga jemaat janganlah teriintimidasi oleh rasa takut yang berlebihan.