Galon Isi 12 Liter Langka

Pegawai toko menunjukkan galon isi ulang yang bisa digunakan sebagai tempat cuci tangan. Foto: Gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Untuk mencegah penyebaran virus corona, kebersihan diri menjadi hal yang utama. Salah satunya dengan menyiapkan tempat cuci tangan di tempat pelayanan umum dan di depan toko.

Warga pun banyak yang menggunakan galon yang memiliki kran air untuk tempat mencuci tangan. Penjualan galon pun melonjak. Akibatnya, galon yang paling banyak dibeli yaitu 12 liter hilang dari peredaran.

Salah satu toko penyedia galon isi ulang yaitu toko Al – Kautsar Bumindo di Air Paoh. Toko ini memang menyediakan galon isi ulang air minum ini segala ukuran. Namun saat ini, galon ukuran 12 liter tidak ada stok.

”Galonnya (12 liter) sedang kosong,” ucap Wendy, pegawai toko. Pembelian galon ini meningkat sejak ada peraturan untuk membersihkan diri sebelum masuk rumah atau di mana pun. Galon tersebut banyak digunakan warga untuk mencuci tangan. Galon 12 liter tersebut dijual Rp35 ribu/buah. “Saat ini yang tersedia hanya galon 5 liter dan 19 liter. Kedua galon tersebut jarang dibeli untuk tempat mencuci tangan,” pungkas Wendy. (gun)