Butuh Rp5,9 M untuk Atasi Corona

OKU – Pemerintah Kabupaten OKU membutuhkan anggaran dana sebesar Rp5,9 miliar untuk mengatasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Hal itu terungkap saat Rapat Dengar Pendapat DPRD OKU bersama Satgas Gugus Tugas Covid-19 di ruang Banmus, kemarin (30/3).

Ketua Gugus Tugas Covid 19 OKU, H Achmad Tarmizi yang juga Sekda OKU memaparkan langkah dan persiapan yang sudah dilakukan pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid 19 di Bumi Sebimbing Sekundang.

Dikatakan Tarmizi, pemerintah telah membentuk satgas Covid 19. Namun satgas ini memerlukan revisi karena ada aturan dari pemerintah pusat. Sehingga putusan Bupati terkait Satgas Covid 19 yang mangharuskan ketua Satgas diketuai langsung oleh Bupati.

“Dalam perjalanannya selama ini, sejak dibentuk, Satgas Covid 19 sudah melakukan koordinasi dan rapat internal bersama seluruh instansi terkait termasuk membentuk Satgas di tingkat kecamatan. Tidak hanya itu, dalam penanganan Covid 19, pemerintah telah memberlakukan agar ASN bekerja di rumah dan meliburkan sekolah,” jelas Tarmizi.

Selain itu, dalam pencegahan Covid 19, Pemerintah Kabupaten OKU sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak, serta untuk persiapan ruang isolasi sudah disiapkan Hotel Baturaja sebagai fasilitas isolasi bagi masyarakat yang dianggap ODP dan PDP.

“Kami sudah melakukan pengecekan bagi orang-orang yang masuk ke Baturaja yang dilakukan di Stasiun Baturaja dan Terminal Batu Kuning. Rencananya akan didirikan posko pemantauan di tiga titik  diantaranya dari arah Martapura, dari Palembang dan Muara Enim. Untuk petugas posko terdiri dari tim kesehatan, Dishub, serta Pol PP,” ucapnya.