Pemerintah Tambah Dana Hibah MUI

OKU- Pemerintah Kabupaten OKU berencana menaikan dana hibah untuk Majelis Ulama (MUI) Kabupaten OKU pada 2021 mendatang. Namun belum diketahui secara pasti nilai bantuan tersebut.

Hal ini diungkapkan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis pada pengukuhan pengurus MUI OKU tempo hari. Menurut Kuryana, MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia dan OKU.

Sebagimana dengan tugasnya, MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam. Seperti mengeluarkan fatwa atau maklumat dalam kehalalan makanan-minuman, penentuan kebenaran aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya.

Sedangkan, tiga tujuan umum MUI yakni memperkuat agama dengan cara yang dijelaskan Pancasila untuk memastikan ketahanan nasional, partisipasi ulama dalam pembangunan nasional, dan mempertahankan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia.