Dua Pasar Tak Ditutup

Dua hari terakhir warga di Baturaja maupun pedagang dibuat bingung. Pasalnya beredar kabar, Pasar Atas dan Pasar Baru bakal tutup. Hal ini berkaitan dengan antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Dua pasar di kota Baturaja dikabarkan akan ditutup. Kabar meresahkan ini beredar sejak dua hari terakhir. Penutupan pusat transaksi perdagangan di Baturaja ini dikaitkan dengan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Informasinya, penutupan pasar ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona,” tanya Rica, warga kelurahan Sukajadi, belum lama ini.

Menurut dia, jika dua pasar tersebut ditutup sementara, bisa dipastikan ibu rumah tangga bakal kesulitan memenuhi kebutuhan dapur. “Mungkin untuk bumbu masak bisa pakai bumbu instan. Tapi kalau sayur kan tidak bisa. Kalau harus makan mie instan sepanjangan, lemah juga tubuh. Sementara belum tau juga, pasar tutup sampai kapan,” katanya.

Hal senada juga ditanyakan pedagang di Pasar Atas. Dua pedagang petai terpaksa berkeliling pasar menawarkan hasil kebunnya. Hal ini terpaksa dilakukan isu penutupan pasar telah menyebar di kalangan pedagang.

“Biasanya mangkal depan Pegadaian (Pasar Atas). Tapi kabarnya pasar nak tutup. Dari pada petai dak laku, mending ku kelilingke bae,” ujar seorang pedagang di depan los inpres.