Ujicoba AKM Berjalan Lancar

Para Guru SMPN 13 OKU saat melaksanakan AKM. Foto: jeki/okuekspres (*)

OKU – Selama dua hari (2-3/3) kemarin, siswa kelas IX jenjang SMP sederajat mengikuti gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Selain mata pelajaran yang diujikan, siswa juga dirkenalkan dengan Assesment Kompetensi Minimum (AKM).

Namun tidak hanya siswa, soal AKM pun dikenalkan kepada para guru. Seperti yang dilaksanakan oleh SMPN 13 OKU.

Di sekolah tersebut, semua guru PNS turut ambil bagian mengikuti simulasi AKM yang disebut-sebut bakal menggantikan Ujian Nasional pada 2021 mendatang.

“Hari ini adalah jadwal AKM untuk 30 guru PNS di SMPN 13 OKU. Simulasi untuk guru ini berlangsung selama 2 jam,” ungkap kepala SMPN 13 OKU Marzuan SPd MM didampingi Hanival AMd sebagai koordinator UNBK.

Jumlah soal yang harus dijawab para guru sebanyak 60 buah yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan, termasuk mengisi angket. “Untuk AKM hari ini tidak ada kendala serius. Simulasi AKM ini bertujuan untuk melatih guru mengenali bentuk asesmen tersebut,” jelasnya.

Sama halnya dengan SMPN 16 OKU di kecamatan Lengkiti yang juga menggelar simulasi AKM pada guru. “Sebanyak 15 guru mengikuti AKM. Karena sarana yang belum mencukupi, maka kita menginduk ke SMAN 10 OKU untuk simulasi UNBK,” kata Kepala SMPN 16 OKU Sapto Surono SPd MM. (jr8)