Uji Kandungan Kimia dan Biologis

Petugas DKP OKU mengambil sampel sayur di Pasar Baru. Foto: Mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) OKU, kemarin (3/3) pagi mengambil sampel sayur dan buah. Petugas mendatangi agen sayur di Pasar Baru dan agen buah di kawasan Bakung, kelurahan Kemalaraja.

“Sampel buah dan sayur ini akan diuji,” ujar Kepala DKP OKU, Ir Supriono MSi melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Erwin Martawijaya, STP, MM.

Pengujian sayur dan buah, sambung Erwin, bertujuan untuk memastikan buah dan sayur yang beredar di pasar aman dari kandungan zat berbahaya. Seperti zat pestisida. Sebab di musim pancaroba, petani kerap menggunakan pestisida dengan kurang bijak.

“Jika ada temuan dari pemeriksaan ini, kami bisa antisipasi dari awal. Paling tidak penggunaan pestisida dapat diminimalisir,” ungkapnya.

Sayur dan buah segar, kata dia, akan diuji laboratorium Pengujian Mutu Hasil Pertanian (PMHP) di Jakarta timur. Pengujian ini dilakukan karena Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) beresiko tinggi mengandung residu pestisida, mikotoksin, dan logam berat.

“Bahan kimia ini sangat mengganggu kesehatan,” tegasnya. Selama ini hasil pengujian membuktikan buah dan sayur segar yang beredar di Kabupaten OKU aman dari zat berbahaya. (stf)