Tanam Toga di Kantor Desa

Anggota PKK sedang membersihkan halaman kantor desa Batuwinangun untuk ditanami tanaman toga. Foto: ist (*)

OKU – Jumat pagi, anggota PKK desa Batuwinangun sibuk membersihkan lahan kosong di samping kantor desa. Lahan kosong tersebut dimanfaatkan anggota PKK desa ini untuk menanam tanaman obat yang disebut Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Lahan kosong di samping maupun di belakang kantor desa akan ditanami tanaman Toga,” kata ketua PKK desa Batuwinangun Kabiyem. Namun, sebelum ditanam, lahan tersebut harus dibersihkan dulu. Rencananya, tanaman yang akan ditanam adalah lengkuas, jahe, dan tanaman lainnya.

Tanaman obat tersebut didapat dari setiap dusun yang di desa ini. “Tanaman obat didapat dari setiap dusun yang telah diberi bibit taman toga,” ucap Desi Fitriyani, Pj kades Batuwinangun. Pada September 2019 lalu, pemerintah desa memberikan bantuan polibek di tiap dusun untuk ditanami tanaman obat-obatan. Setelah tumbuh, setiap dusun akan memberikan tanaman obat tersebut ke kantor desa untuk ditanam sebagai tanaman obat keluarga dan juga untuk penghijauan kantor desa. “Saat ini sudah ada 13 jenis tanaman Toga yang ditanam di halaman kantor desa,” pungkas Desi. (gun)