Hari ini, Terakhir Pendaftaran PPS

Staf Sekretariat KPU OKU merekap berkas pendaftaran PPS. Foto: HERBERT P NAINGGOLAN/OKU EKSPRES. (*)

OKU – KPU Kabupaten OKU membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Desa/Kelurahan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pendaftaran PPS dimulai 18 – 24 Februari.

Untuk itu, masyarakat yang berminat untuk menjadi PPS masih ada hingga hari ini untuk mendaftar ke KPU. Untuk Pilkada 23 September nanti, KPU OKU membutuhkan 471 personil PPS. “Kami membutuhkan tiga personil PPS untuk tiap Desa/Kelurahan. Jadi totalnya 471 orang,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya melalui Komisioner KPU OKU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Dony Mardiyanto.

Dikatakan Dony, meski hanya tiga orang yang dibutuhkan, dalam masa pendaftaran ini di tiap desa dibutuhkan pendaftaran dua kali lipatnya atau enam per Desa/Kelurahan. “Setelah masa pendaftaran habis besok (hari ini), jika kuota pendaftar belum memenuhi syarat minimal, maka pendaftaran bisa diperpanjang,” ujar Dony.

Hingga Sabtu (22/2), sekitar 967 pendaftar yang melamar PPS di Kabupaten OKU. Hanya saja, pihaknya belum merincikan jumlah pendaftar per Desa/Kelurahan di setiap Kecamatan. “Kita optimis jumlah pelamar setiap Desa/Kelurahan terpenuhi, mengingat persyaratan menjadi calon anggota PPS tidak terlalu sulit hanya administrasi kependudukannya harus berbasis wilayah Desa/Kelurahan setempat,” tukas Dony. (bet)