Perekaman Rampung, e-KTP Dicetak

Salah satu siswi SMAN 5 OKU yang sedang merekam data kependudukan kemarin pagi. Disdukcapil OKU memastikan pencetakan e-KTP dibuat setelah perekaman pelajar rampung. Foto: Ist (*)

OKU – Sudah sembilan hari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU menjemput bola perekaman data kependudukan di SMA/SMK di kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

“Hari ini (kemarin) perekaman dilakukan di SMAN 5 OKU. Sebelumnya, perekaman sudah dilakukan di SMKN 1 OKU dan SMA Yadika Baturaja,” ujar Kepala Disdukcapil H Ajahari, kemarin (19/2).

Upaya jemput bola ini untuk memudahkan remaja yang sudah berusia 17 tahun namun belum memiliki identitas kependudukan. Pihaknya bekerjasama dengan sekolah untuk proses perekaman lebih mudah.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang sudah memasuki tahun ketiga. Perekaman pelajar ini merupakan program nasional,” katanya.

Kendati sudah perekaman, namun untuk fisik e-KTP belum langsung dicetak. Sebab pihaknya akan merekap seluruh data yang terekam di Kabupaten OKU. Setelah itu baru dikirim ke Jakarta.

“Kami kirim data ke Jakarta. Setelah itu minta blangko untuk cetak fisik e-KTP. Pengiriman itu baru dilakukan setelah semua SMA/SMK di Kabuopaten OKU selesai perekaman data,” imbuhnya. Perekaman data di SMAN 5 OKU dipusatkan di perpustakaan. Kepala SMAN 5 OKU Yulian Mukhni MPd melalui Wakil Kesiswaan Diana Ariayani menuturkan, perekaman e-KTP dilakukan secara bergantian. “Supaya kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung,” tandas Diana. (stf)