Guru Wajib Ikut Simulasi Terakhir

Para guru SMK Yadika Baturaja mengikuti simulasi UNBK terakhir. Foto: ist. (*)

OKU – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ketiga atau gladi bersih tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat berlangsung, kemarin (19/2) pagi.

Uniknya, tidak hanya siswa yang menjawab soal, tetapi juga para guru yang menjadi peserta ujian. Namun, simulasi UNBK untuk guru ini hanya dilaksanakan satu hari.

Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd melalui proktor UNBK SMK Yadika Baturaja Agus Susanto SPd mengatakan, simulasi tahun ini berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya.

Selain tingkat kesulitan soal yang meningkat, para guru juga dillibatkan menjawab soal pada simulasi UNBK. “Guru dilibatkan pada simulasi untuk mengukur kerumitan soal UNBK, khususnya soal higher order thinking skill (HOTS) itu,” ungkapnya.

Untuk menjadi peserta, para guru juga harus memiliki ID dan password. “Para guru menjawab soal yang sudah ada di sistem UNBK,” papar Agus. SMK Yadika Baturaja memiliki 23 guru yang mengikuti simulasi ini. Pada simulasi, guru menjawab 13 butir soal. “Semoga hasil simulasi UNBK yang diikuti guru ini dapat mensukseskan siswa dalam ujian dan meraih nilai yang baik pula,” harap Agus. (jr8)