DPPKB Gelar Bimtek UPPKS

Suasana bimtek di aula hotel Grand Kemuning Kelurahan Sukajadi. Foto: Mustofa/Oku ekspres. (*)

OKU – Mensejahterakan keluarga tak sebatas mengatur jarak kelahiran. Tapi juga harus ditopang ekonomi keluarga. Sehingga tujuan dari program KB tercapai paripurna. Di OKU program KB berjalan dengan baik. Termasuk program peningkatan ekonomi keluarga.

Salah satunya dengan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Program itu sudah berjalan cukup lama. Di Kabupaten OKU, jumlah kelompok UPPKS mencapai 50 UPPKS yang terdaftar dan aktif.

“Kelompok ini aktif, terdaftar, dan punya produk. Rata-rata produk kuliner,” ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) OKU Nanang Nurzaman melalui Kasi Ketahanan keluarga Sejahtera Hj Umaya.

DPPKB OKU, sambung Umaya, memfasilitasi kelompok untuk membentuk usaha. Sehingga kelompok punya karya produk. Paling tidak produk tersebut bisa dipakai sendiri atau dijual di lingkungan.

“Dulu kelompok UPPKS ada bantuan modal dari pusat. Namun lima atau enam tahun terakhir program permodalan itu stop. Tidak tahu apa penyebabnya,” sambungnya.