Lomba Desa Tingkat Kecamatan Dimulai

Tim penilai kecamatan sedang menilai dan memberikan pengarahan kepada seluruh perangkat desa Batuwinangun. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Lomba desa tingkat kecamatan Lubuk Raja resmi dimulai kemarin. Pemerintah kecamatan mengirim dua tim penilai. Pada hari pertama lomba kemarin, tim penilai mendatangi empat desa. Satu tim menilai dua desa sekaligus.

Penilaian desa Batuwinangun dan Batumarta I diketuai Camat Lubuk Raja Khairuddin Albar. Sedangkan penilaian di desa Baturaden dan desa Batumarta II dipimpin Sekretaris Camat Lubuk Raja Virgiawan Chrismoko.

Salah satu yang dinilai adalah berkas desa. “Berkas desa yang dinilai dari tahun 2018 sampai 2019,” ucap kata Kades Batuwinangun Slamet Parida melalui Kasi Pemerintahan Desa Batuwinangun Agus Azan.

Desa Batuwinangun mengunggulkan inovasi desa berupa produksi batu bata dari mesin. Mesin ini dibuat oleh masyrakat Batuwinangun. Sehingga produksi batu bata bisa meningkat. “Dalam sekali produksi, batu bata yang dihasilkan bisa mencapai 3.000 buah,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Raja Khairuddin Albar melalui Kasi Pemerintahan Rano Antoni mempersilakan desa untuk berinovasi pada lomba desa ini. “Mulai dari makanan, pariwisata, dan inovasi lainnya,” kata Rano. Ia mengatakan, pemenang lomba desa tingkat desa ini berhak mewakili kecamatan Lubuk Raja pada lomba desa tingkat Kabupaten OKU. (gun)