12 Gugur, 25 Lolos

Foto: ist Bakal calon kepala desa saat menjalani tes tambahan.

BATURAJA TIMUR – Sebanyak 37 orang bakal calon kepala desa (cakades) selesai menjalani tes tambahan. Tes tersebut digelar panitia pilkades tingkat kabupaten di salah satu perguruan tinggi di Kabupaten OKU pada 14 Februari lalu.

37 cakades yang menjalani tes tambahan berasal dari lima desa. Yakni desa Laya (8 orang), desa Bandar Jaya (7 orang), desa Lubuk Rukam (6 orang), Desa Bindu (7 orang), dan desa Karang Lantang (9 orang).

Selanjutnya, dari jumlah tersebut, 12 orang dinyatakan gugur dalam seleksi tambahan. Sementara yang dinyatakan lolos 25 orang dan berhak melaju ke tahap berikutnya.

“Hasil seleksi tambahan bakal calon kades di lima desa, 25 orang dinyatakan lolos dan 12 orang gugur,” kata Kepala Dinas PMD OKU Drs Ahmad Pirdaus MSi melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa Fitriyanti, S.H, MM.

Diungkapkan Fitriyanti, keputusan panitia kabupaten terhadap hasil seleksi tambahan bagi bakal calon kades lebih dari orang bersifat final dan mengikat. ”Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam pilkades serentak,” ucapnya.

Dilanjutkan Fitriyanti, tahap setelah seleksi tambahan adalah penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor oleh panitia pilkades tingkat desa. “Penetapan calon dan pengambilan nomor pada 15-21 Februari mendatang,” tegasnya. (din)