Macet Parah di Perlintasan KA

Lalulintas kendaraan di perlintasan KA di Pasar Tempel macet. Ruas jalan dipenuhi kendaraan dari dua arah. Ekor kemacetan kendaraan (dari arah pasar) terlihat sampai ke SMP Xaverius. Sementara (dari arah Pusar) ekor kemacetan hingga pertigaan desa Laya. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Lalulintas di perlintasan kereta api (KA) Pasar Tempel macet parah, kemarin (11/2) pagi. Aldi, warga kelurahan Talang Jawa, terpaksa pulang karena tak tahan dengan antrean kendaraan yang padat dan mengular.

“Parah nian antrean pagi ini (kemarin). Hari-hari biasa ada antrean tapi idak seperti tadi,” keluhnya sembari turun dari sepeda motornya.

Dirinya berangkat dari rumah sekitar pukul 06.30 WIB. Dirinya buru-buru berangkat karena sepeda motor yang dipakai akan digunakan adiknya berangkat ke sekolah di desa Pusar. “Kalau nak nunggui antrean bubar, kasihan adek, bisa-bisa telat sampai ke sekolah,” lanjutnya.

Dirinya sangat paham jalur Pasar Tempel di pagi hari karena setiap pagi ia lewati. Ia memilih jalur ini karena hanya jalur tersebut lebih cepat sampai ke tempat kerjanya. “Bisa lewat jalur Air Gading, tapi memutar jauh,” sebutnya.

Pantauan koran ini, sepanjang antrean terjadi tidak terlihat ada petugas yang mengatur lalulintas. Pengendara secara perlahan mengurai sendiri. Sehingga lalulintas berangsur normal.

Senada diungkapkan Heri. Kondisi lalulintas di jalan tersebut sebenarnya sudah berlangsung lama yang belum ada solusi. Tapi setidaknya, saran Heri, saat jam sibuk pagi ada petugas yang mengatur lalulintas.