Pemuda Tambal Lubang Jalan

Anggota karang taruna bersama anggota Pramuka menggalang dana dan menambal jalan berlubang. Foto: ist. (*)

OKU – Kondisi jalan poros kecamatan Lubuk Raja di desa Batumarta I sangat memprihatinkan. Jalan yang rusak ini sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Sehingga pengguna jalan harus ekstra hati-hati.

Kondisi ini menggerakkan pemuda yang merupakan anggota karang taruna dan anggota Pramuka SMKN 4 OKU menutup lubang jalan dengan material seadanya. Penutupan lubang ini memanfaatkan batu yang berasal dari sisa bangunan.

“Penutupan lubang jalan ini dilakukan selama dua hari,” kata ketua Karang Taruna Jumali, kemarin (9/2). Selain menutup lubang jalan, mereka juga menggalang dana untuk pembangunan masjid di dusun Air Gilas, desa Batumarta II.

Kadus Air Gilas, Yan Basri menambahkan, penambalan jalan yang dilakukan pemuda ini merupakan inisiasi mereka. “Selain itu, para pemuda juga menggalang dana untuk pembangunan masjid,” tegas Yan. Ia berharap, penambalan lubang jalan ini mengurangi resiko kecelakaan pengguna jalan. “Material diperoleh dari siswa pembangunan milik warga yang ada tidak jauh dari jalan rusak tersebut,” terangnya. (gun)