Sosialisasikan Percepatan Pengarustamaan Gender

Penyampaian materi. Foto: ARI/ OKU Ekspres. (*)

OKU – Untuk percepatan pengarustamaan gender di Kabupaten OKU, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) OKU menggelar sosialisasi Focal Point Pengarustamaan Gender (PUG).

Sosialisasi tersebut digelar di hotel Grand Kemuning Baturaja, kemarin (5/2) pagi dan dibuka oleh Plh Kepala Dinas PPPA Sumater Selatan Fitriana S.Sos M.Si dan dihadiri 60 peserta perwakilan Tim Focal Point PUD Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten OKU.

Kepala Dinas PPPA Kabupaten OKU Ir Arman M.Si mengungkapkan, pengarustamaan gender sudah menjadi agenda nasional dalam rangka pembangunan nasional seperti yang tertuang dalam Instruksi Presiden no 9/2000, kemudian Permendagri no 67/2011 serta Surat Edaran bersama 4 menteri tentang strategi percepatan pelaksanaan pengarustamaan gender melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

“Harapan kita, setiap OPD memiliki anggaran atau dalam perencanaan dan pengganggaran harus responshif gender sebagai langkah percepatan pengarustamaan gender, karena sesuai dengan inpres no 9 tahun 2000 tentang pengarustamaan gender,” kata Arman.