Imbau Warga Waspadai Corona

OKU – Virus corona menjadi virus yang dikhawatirkan di seluruh dunia. Kewaspadaan tak hanya dilakukan di kota besar dan pusat pemerintahan, tapi juga dilakukan hingga ke desa.

Salah satunya kecamatan Lubuk Raja. Apalagi, ada beberapa warga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kehawatiran virus ini membuat UPTD Puskesmas Lubuk Raja mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap virus corona. Imbauan ini disebar ke seluruh pemerintah desa di kecamatan Lubuk Raja.

“Imbauan tersebut berisi ciri-ciri dan gejala terserang virus corona,” ucap dr Dwi Fenti Atri, kepala UPTD Puskesmas Lubuk Raja. Dwi mengatakan, imbauan ini sesuai dengan kebijakan Dinkes OKU agar meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat.

Ia mengakui, peluang penyebaran virus ini kecil karena Kabupaten OKU jauh dari laut dan bandara. “Untuk keluarga TKI, diharapkan memberikan data kepada pemerintah desa agar tahu keberadaan TKI di luar negeri diketahui,” ucap Dwi.

Salah satu desa yang warganya menjadi TKI adalah Batuwinangun. “Rata-rata kerja di Arab Saudi,” ucap Slamet Parida, kades Batuwinangun yang mengakui ada warganya yang menjadi TKI. Ia mengungkapkan, pemerintah desa tak memiliki data pasti warga yang menjadi TKI. Alasannya, masyrakat pergi tanpa memberikan data menjadi TKI ke pemerintah desa. “Semoga warga yang menjadi TKI dari desa ini tidak terjangkit,” harap Slamet. (gun)