Angdes Nakal Bakal Dikandangkan

Petugas Dinas Perhubungan OKU mendata angkutan desa yang masih mangkal di terminal bayangan. Pendataan ini sekaligus teguran agar angdes kembali mangkal di terminal tipe C. Foto : Ist. (*)

OKU – Sejumlah pangkalan angkutan desa (angdes) di dalam kota Baturaja dua hari lalu didatangi petugas Dishub OKU. Tim ini dipimpin Kepala Dishub OKU Firmansyah ST M Si diwakilkan Kasi Lalulintas Dishub OKU, Jauhari,ST.MM.

“Hanya pendataan angkutan desa (angdes) karena disinyalir angdes tidak masuk ke terminal tipe C (lapangan Korpri),” ujarnya, kemarin (22/1).

Dalam operasi itu, jumlah angdes yang terdata tidak banyak. Karena sambung Jauhari, para sopir dan angdes sedang tak berada di pangkalan saat petugas datang.

“Ada 11 kendaraan yang terdata dari berbagai jurusan. Diantaranya jurusan Peninjauan, Ulu Ogan, Ogan Ulu, Lengkiti, Simpang Martapura, Batumarta, Martapura, dan Belitang,” ungkapnya.

Pasca pendataan, lanjut Jauhari, pihaknya mengupayakan angdes tersebut mangkal di terminal dalam kota. Pihaknya juga akan terus memantau angdes yang nekat mangkal dengan patroli rutin. Pihaknya juga tidak segan memberi sanksi tegas, seandainya teguran lisan tersebut tidak diindahkan para sopir. “Kami lakukan tindakkan tegas dengan  melakukan tilang bahkan bila diperlikan kendaraannya kita kandangkan di kantor Dishub OKU,” tandasnya. (Stf)