Jumlah TPS Berkurang

OKU TIMUR – Karena berkurangnya anggaran di KPU di Kabupaten OKU Timur sehingga membuat KPU melakukan pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan diprediksi hal tersebut akan berdapak pada menurunnya partisipasi masyarakat untuk melakukan pemilihan. Dimana jumlah TPS pada Pileg dan Pilpres kemarin berjumlah 2178 TPS dan pada Pilkada OKU Timur nanti akan berjumlah 1250 TPS. Artinya akan terjadi pengurangan sebanyak 928 TPS. 

Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya melalui Komisioner KPUD Yuliansyah SE mengatakan, sebenarnya KPU OKU Timur tidak menginginkan pengurangan jumlah TPS, namun karena jumlah anggaran terbatas, maka pihaknya melakukan pengurangan jumlah TPS.

“Secara otomatis dengan adanya pengurangan TPS ini akan mengurangi jumlah anggaran yang dikeluarkan KPU untuk membayar gaji KPPS,” jelasnya. 

Diprediksi dampak pengurangan TPS ini akan berimbas berkurangnya partisipasi pemilih. Dilain sisi, lokasi TPS yang jauh akan membuat rasa sungkan masyarakat untuk memilih. 

“Karena tingkat partisipasi tahun lalu sangat tinggi. Namun dengan adanya pengurangan TPS otomatis nantinya jarak pemilih menuju TPS itu sedikit jauh. Misal tadinya di satu desa ada 4 TPS dilebur menjadi 2 TPS,” ungkapnya. 

Kemudian kata dia, untuk masalah gaji dari tingkat PPK hingga KPPS belum ada kenaikan masih tetap seperti yang lama. Kemudian untuk kotak suara di Pilkada OKU Timur ini tidak menggunakan kardus, namun menggunakan fibber.  “Untuk gaji PPK hingga KPPS tidak ada kenaikan dan untuk kotak suara kita tidak mengunakan kardus, namun menggunakan fibber agar tidak terjadi permasalahan,” jelasnya.(dira)