Syafii Efendi Gelitik Semangat Berwirausaha

BATURAJA TIMUR – Trainer dan motivator muda no 1 Indonesia, Syafii Efendi sukses mengelitik semangat ribuan peserta seminar motivasi kewirausahaan. Seminar digelar di Hotel Bil Baturaja, Sabtu ( 28/12).

Peserta kagum atas keberhasilan usaha yang diraihnya di usia muda. Dalam seminar itu pihaknya ingin mengajarkan kepada para pemuda di OKU agar mandiri di usia muda. Serta a merubah paradigma lama. Tamat kuliah ingin menjadi PNS.

“Sudah saatnya para pemuda di OKU ini jadi tuan di Negerinya sendiri dengan menjadi wirausaha sejak dini,” kata Syafii Efendi saat dibincangi awak media.

Paradigma lama ini, menurut Syafii membuat negara menjadi terbelakang. Karena kesempatan untuk menjadi pengusaha selalu didahului orang asing. Sementara orang-orang pribumi khsususnya para pemuda hanya menjadi pekerja.

“Nah Mindset inilah yang harus dihapuskan dari Indonesia agar negara kita maju dan kaya,” lanjutnya.

Disebutkan Syafii jumlah wirausaha muda di Indonesia menurutnya masih sangat minim, berdasarkan data kementrian hanya sekitar 1,4 persen. padahal idealnya untuk sebuah negara berkembang yakni 2 persen. “Artinya di OKU ini masih sangat jauh,” imbuhnya

Saat ini mindset masyarakat terutama para orang tua masih sangat support anaknya untuk menjadi PNS. Nah mindset turun temurun ini yang ingin diubah. Dalam seminar, dirinya ingin memotivasi peserta agar menjadi enterpreanur muda.

“Ini saatnya kita maju, ” tegasnya.

Apa saja bisa jadi ladang usaha. Enterpreanur kata dia hanya karakter identitas. Jadi apapun usaha yang dipegang akan menjadi berhasil. Kerena identitas usaha sudah jadi. Dia juga mematahkan entepreanur butuh modal. Menurut dia Elenterpreanur ini bukan masalah modal. Modal itu nomer sekian.

“Yang utama itu adalah mental. Pengusaha itu yang diuji itu mentalnya bukan jenis bisnisnya,” tandasnya

Asisten III Setda OKU Romson Fitri yang menyampaikan sambutan langsung Bupati OKU mengapresiasi seminar kewirausahaan ini. Seminar ini diharapkan bisa membangkitkan semangat para pemuda OKU sehingga bisa melahirkan cikal-bakal enterpreanur muda yang maju dan berbakat.

“Harapannya bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran,” tukasnya.

Seminar nasional digelar Wirausaha Mudan Nasional (WIMNUS) bertajuk Character Building Winning Mentality For Industrial revolution 4.0 “siap menuju Indonesia mandiri 2034”. Seminar ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Asisten III Setda OKU Romson Fitri, ribuan peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum serta tamu undangan lainnya. (Stf)